Terbaru

Miliki Sabu 0,023 Gram, Uje Dihukum 5 Tahun Penjara & Denda Rp 1 M

Kopionline Jakarta,- Terkait kasus kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 0.023 gram . terdakwa Royani alias Uje dihukum 5 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar dengan ketentuan apa bila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama 4 bulan oleh hakim Sarjiman, sh di pn Jakarta Barat.

Hukuman tersebut satu tahun dan enam bulan lebih ringan dari tuntutan Jaksa Deden Sumantri, sh dari Kejaksaan Negeri Jakarta Barat yang sebelumnya menuntut terdakwa Royani dituntut 6 tahun dan 6 bulan denda Rp 1 milyar subsider 6 bulan penjara.

Sama halnya dengan oknum anggota Polresta Depok berpangkat Aiptu yang tertangkap dan terbukti membeli narkoba untuk dikonsumsi secara pribadi. Aiptu Dadang Sumantri alias Babe dijatuhkan vonis selama 6 tahun dan denda Rp1 miliar oleh Pengadilan Negeri (PN) Depok, pada Selasa (18/09/2018)

Perwira menengah kepolisian tersebut dihukum karena terbukti membeli 2 paket narkoba jenis sabu dalam plastik klip bening dengan berat 5,1 gram. Sidang digelar di ruang Sidang II dipimpin oleh Hakim Ketua Sri Rejeki Marsinta dengan anggota Nanang Herjunanto dan Darmo Wibowo Mohammad.

“Menimbang dari perbuatan terdakwa dan benar apa yang dimaksud dalam berkas dakwaan majelis hakim memvonis terdakwa selama enam tahun penjara dan pidana denda sebesar Rp1 miliar dengan ketentuan jika tidak dibayar digantikan pidana penjara selama tiga bulan,” ucap hakim ketua Sri di PN Depok.

Dalam amar putusan majelis, menyatakan terdakwa Dadang Sumantri alias Babe terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak menjadi pembeli narkotika golongan I sebagaimana diatur dan diancam Pasal 114 Ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Vonis yang dijatuhi terhadap Aiptu Dadang Sumantri sama seperti dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Siswatiningsih yakni, selama 6 tahun penjara dan pidana denda sebesar Rp1 miliar apabila tidak dibayarkan diganti pidana penjara selama tiga bulan,” jelasnya.

Dari tangan terdakwa didapati satu bungkus plastik sedang berisi sabu-sabu dengan berat netto 4,8081 gram dan satu bungkus plastik kecil bening berisi sabu-sabu dengan berat netto 0,3091 gram serta satu unit handphone merk Samsung warna putih berikut sim cardnya dirampas untuk dimusnahkan.

Sebelum vonis, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Siswatiningsih dalam amar tuntutannya, menyatakan terdakwa bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk di jual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman beratnya 5 gram.

Pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana narkotika sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun penjara dan denda sebesar Rp1 milia. Chaniago/okezone

Leave a comment