Terbaru

Tuntutan Dapsus Tak Direspon, Merauke Akan Gelar Demo Besar-besaran

KopiOnline Merauke,- Segenap organisasi masyarakat dan  kelompok etnis asli Papua akan melakukan aksi demo secara besar-besaran di Kota Merauke, Papua, Rabu (19/09/2018) besok. Rencana tersebut akibat belum ada tindak lanjut atas permintaan daerah pilihan khusus (Dapsus) bagi orang asli Papua yang disampikan pemuda Marindanim belum lama ini.

“Sampai hari ini belum ada respon dari pemerintah, maka besok tanggal 19 September kami akan melakukan demo yang lebih besar. Mendesak DPR Provinsi, MRP dan Gubernur Papua untuk datang ke Merauke menindaklanjuti aspirasi kami. Karena ini kami bicara dalam kerangka Otsus,” jelas Koordinator Pemuda Marindanim di Merauke, Fransiskus Ciwe, Jumat (14/09/2018).

Kata Ciwe, tuntutan Dapsus sebagai ruang khusus bagi OAP tidak diganggu oleh pendatang. Sebab, dalam kenyataan OAP punya keterbatasan terutama kalah bersaing dalam hal finansial.

“Sehingga di dalam dapil khusus itu antara kita bisa baku pilih. Tidak campur dengan pendatang, karena mereka punya banyak uang,” ucap Fransiskus.

Pihaknya berharap, aspirasi ini segera diselesaikan sebelum penetapan daftar calon tetap pada tanggal 23 September. Sebab, ketika tidak ada respon balik dari pihak tersebut diatas dampaknya akan panjang. Kop/TN

Leave a comment