Terbaru

Lagi, 2 HA Lahan & Hutan di Taman Konsevasi Nasional Wasur Terbakar

Lahan di Taman Konservasi Nasional Wasur Merauke yang terbakar. Foto : TN.

KopiOnline Merauke,- Seperti biasa setiap musim kemarau kebakaran hutan terjadi di sejumlah titik lahan dan hutan di Kabupaten Merauke, Papua. Jumat (07/09/2018) sekitar dua hektar lahan  terbakar di wilayah Taman Konservasi Nasional Wasur.

Upaya pemadaman api sudah dilakukan pada pukul 11.40 Wit oleh Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Merauke, dengan cara manual dan menggunakan air melalui mesin penyedot.

“Kebakaran di Wasur sering terjadi setiap musim panas, diakibatkan dari ulah manusia,” jelas Ketua Tim Pemadam Kebakaran, Sukamto di area kebakaran.

Puluhan personil berusaha memadamkan api yang membakar alang-alang, rerumputan dan pohon kayu bus. Dalam kebakaran ini menurutnya, hanya terjadi kerusakan ringan, dimana pohon-pohon yang ada di lahan tersebut merupakan pohon resisten yang memiliki kulit tebal dan  berlapis-lapis sehingga tahan terhadap api dan tidak mudah mati, karena hanya bagian kulit kering luar saja yang terbakar.

Untuk menghindari kerusakan parah, masyarakat diajak untuk secara arif dan bijaksana serta lebih hati-hati dalam menggunakan api. Apalagi dengan sengaja melakukan pembakaran hutan atau lahan.

Selain itu, lanjut dia, masih ada titik api yang ada di tempat lain yang menjadi perhatian semua pihak untuk antisipasi agar tidak meluas. TN/kop

Leave a comment