Terbaru

Agus Gumiwang Kartasasmita Jabat Menteri Sosial Gantikan Idrus Marham

KopiOnline Jakarta,- Presiden Joko Widodo pada Jumat, 24 Agustus 2018, secara resmi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial di Istana Negara, Jakarta. Agus Gumiwang menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri dari jabatannya.

Agus Gumiwang, pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969, sebelumnya merupakan anggota DPR RI periode 2014-2019, dilantik menjadi anggota Kabinet Kerja untuk sisa masa jabatan periode tahun 2014–2019. Pelantikan itu berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 148/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2014-2019.

Selepas pelantikan dan pemberian ucapan selamat, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa Idrus Marham mengundurkan diri karena ingin fokus pada permasalahan hukumnya di Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Saya harus sampaikan apa adanya, saya menghargai komitmen Pak Idrus Marham yang kesatria menghadapi masalah hukum,” kata Presiden di hadapan para jurnalis.

Adapun Kepala Negara menilai kapasitas yang selama ini dimiliki Agus Gumiwang Kartasasmita menjadikannya mampu mengemban tugas penting di Kementerian Sosial dalam waktu dekat ini.

“Baru siang tadi juga kita putuskan Pak Agus Gumiwang untuk menggantikan Pak Idrus karena di Kementerian Sosial ini ada hal yang sangat _urgent, yaitu penanganan di Nusa Tenggara Barat. Oleh sebab itu segera kita putuskan penggantinya,” tuturnya.

Sikap Ksatria

Dalam kesempatan berbeda, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bangga dan salut atas ketegaran sosok Menteri Sosial (Idrus Marham) yang dinilai kesatria menghadapi dugaan masalah hukum.

Idrus Marham

”Saya harus sampaikan apa adanya, saya menghargai komitmen Pak Idrus Marham kesatria menghadapi masalah hukum,” tegas Presiden

Meski demikian, Jokowi mengingatkan apa yang menimpa Idrus Marham, merupakan kasus lama, dan  menghargai yang menjadi wilayah kewenangan KPK,” kata Jokowi di Istana Negara, Jumat (24/08/2018) saat usai  menerima putra kelahiran Simpangge Pinrang, Sulawesi Selatan, menyampaikan pengunduran dirinya sebagai Mensos. Meski Idrus resmi dilantik Jokowi pada 17 Januari 2018.

Idrus Marham merupakan menteri pertama di kabinet Jokowi yang tersangkut kasus dengan KPK selama kepemimpinannya sejak 2014. Tapi siapa sangka, bila Idrus Marham,  tersandung perkara suap dan resmi mengundurkan diri pada hari ini (Jumat 25/08). Pengunduran diri dilakukan demi menjaga martabat Jokowi yang selama ini dikenal tegas terhadap pemberantasan korupsi.

Pesan Terakhir

Sebelum meninggalkan Istana, Idrus Marham, sempat menitip pesan kepada Presiden Joko Widodo. Iya mengaku,  menyampaikan beberapa hal pesan ‘terakhir’. Menurutnya, iya agar Jokowi tidak boleh lambat menyampaikan bantuan kemanusiaan baik di bidang bencana maupun kemiskinan.

Eni Maulani Saragih

”Masalah urusan kemanusiaan, kemiskinan,  bencana tidak boleh telat sedikitpun. Karena ini menyangkut urusan kemanusiaan dan nyawa manusia,” aku Idrus Marham berpamitan.

Sebelum penyerahan jabatan Mensos, Idrus kepada media cetak dan Media sosial, mengaku sudah mendapat pemberitahuan penyidikan dari KPK terkait kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

”Iya, dengan pemberitahuan penyidik,  itu namanya status sudah pasti tersangka,” kata Idrus sambil senyum kepada media yang meliput di Istana Negara, sebelum Jumatan.

Sebelum KPK menetapkan Idrus Marham, telah memeriksa Idrus tiga kali sebagai saksi dari tanggal 19 Juli, 26 Juli, dan terakhir 15 Agustus. Sedang tersangka sebelumnya Eni Maulani Saragih di Tangkap KPK di kediaman Idrus Marham.

Eni, politikus Partai Golkar, diduga menerima suap Rp4,8 miliar dari pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo untuk memuluskan proses penandatanganan Pembangkit setrum Riau (jnn/dtk/kom/kop).

Leave a comment