Terbaru

KLB Polio Melanda PNG, Warga di Perbatasan Diminta Antisipasi Pencegahan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Papua, dr. Adolf Bolang. (Foto : TeropongNews)

KopiOnline Merauke,- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Papua, dr. Adolf Bolang menyebutkan, saat ini kejadian luar biasa (KLB) Polio sedang melanda negara PNG. Sebagai warga negara RI yang berada di perbatasan harus waspada serta antisipasi pencegahan terjadi penularan.

“Negara PNG KLB Polio, sementara Indonesia sudah mendapat sertifikat bebas Polio. Yang harus kita antisipasi, lalu lintas di lintas batas sangat lancar,” jelas Kadinkes di Merauke, Kamis (16/08/2018).

Lanjut dia, ketika satu kasus Polio masuk dan menyerang warga Indonesia di perbatasan  RI-PNG akan terjadi KLB dan penanganannya harus mengulang seluruh Indonesia.

Masyarakat diharapkan menyadari pentingnya imunisasi yang ditawarkan pemerintah, jika masih ragu dengan imunisasi measles dan rubella, sekurang-kurangnya wajib untuk Polio.

“Karena negara tetangga kita sudah KLB. Kita tidak ingin anak-anak kita terjadi Polio. Kalau sudah kena berarti lumpuh dan tidak bisa diobati karena menyerang di sistem saraf,” tambahnya. kop/TN.

Leave a comment