Terbaru

Cawapres KH Ma’ruf Amin Berhaji, Insyaallah Bisa Bertemu Habib Rizieq

KopiOnline Jakarta,- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan, ada kemungkinan KH Ma’ruf Amin bertemu Habib Rizieq Shihab ketika menjalankan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. Bakal calon wakil presiden yang mendampingi pejawat, Joko Widodo (Jokowi), itu akan berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji pada Rabu (15/08/2018) ini.

Namun, pria yang akrab disapa Cak Imin itu enggan memastikan agendanya. “Kita doakan, insyaallah ketemu (dengan Habib Rizieq). Agendanya? Orang ketemu kok ditanya, ya silaturahim,” kata Cak Imin saat ditemui awak media di kantor pusat PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (14/08/2018).

Cak Imin mengatakan, belum mengetahui apakah Ma’ruf dan Habib Rizieq akan membahas Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Kendati demikian, dia tidak menampik pertemuan itu bisa menjadi peluang untuk mendekat ke kubu HRS.

“Saya hanya berdoa, berharap, mudah-mudahan akan ketemu di sana (antara KH Ma’ruf Amin dan HRS). (Berharap HRS mendukung Jokowi?) Yang namanya harapan tentu ada, harus ada,” ujar dia.

Peluang tersebut terbuka karena Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama dan simpatisannya sampai sekarang belum memutuskan pilihan politiknya, apakah ke pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin ataukah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Rizieq Shihab merupakan tokoh di balik Ijtima (GNPF) Ulama yang mengeluarkan rekomendasi terkait Pilpres 2019, beberapa waktu lalu.

Rekomendasi tersebut, yakni dua opsi pencalonan: Prabowo-Salim Segaf al-Jufri atau Prabowo-Ustaz Abdul Somad (UAS). Namun, UAS menolak terjun ke politik praktis, sedangkan Prabowo lebih memilih Sandiaga sebagai cawapresnya.

Pada hari ini, pimpinan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melepas keberangkatan Ma’ruf ke Tanah Suci di kantor pusat organisasi tersebut di Jakarta Pusat. Pelepasan itu juga dihadiri oleh Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj.

Kiai Ma’ruf mengatakan ia akab berhaji bersama keluarga. Ma’ruf Amin tidak banyak menyampaikan informasi terkait dengan rencananya berhaji.

Menurut sejumlah ajudannya, Ma’ruf tidak berkenan diwawancarai hingga selesai ibadah haji. Sebagai gantinya, Cak Imin mewakili untuk memberikan informasi.

“Hari ini kami antarkan al-Muqarom KH Ma’ruf Amin berangkat haji. Saya dan Kiai Said mendoakan supaya beliau menjadi haji mabrur dan kembali dengan sehat,” ujar Cak Imin, seperti dilansir dari Republika. rep/kop

 

Leave a comment