Terbaru

Pengunjung Sidang di PN Jakarta Barat, Sering Langgar Tata Tertib di Persidangan

?????????????

Kopionline Jakarta,- Pasal 218 dan 219 kitab undang hukum acara pidana (Kuhap) tentang tata tertib pengunjung sidang sering dilanggar oleh beberapa orang pengunjung sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat. Hal ini bisa mengganggu jalannya acara persidangan.

Pelanggaran itu bisa dilihat seperti pengunjung main HP, ngobrol, bawa anak kecil serta berpakaian tidak senonoh dalam ruang sidang, padahal sidang sedang berjalan. Bahkan selain pengunjung sidang pernah juga terlihat jaksa dan hakim menerima panggilan lewat Hp-nya. Padahal mereka itu sedang memproses perkara hukum. “Ini kan aneh, ruang sidang seperti tempat bermain,” kata salah seorang pengunjung sidang kepada Koran Pagi.

Yang lebih aneh lagi katanya, ketua majelis hakim beserta hakim anggota yang sedang bersidang tidak berani menegor pengunjung tersebut. Padahal perilaku pengunjung itu sangat menganggu jalanya sidang.

Kejadian seperti itu hampir setiap hari sidang ditemukan beberpa pengunjung sidang tidak mematuhi peraturan tersebut, padahal di pintu masuk ruang sidang sudah ditempelkan kertas pengumuman tentang tata tertib pengunjung sidang.

Maka itu mereka berharap kepada ketua pengadilan negeri (KPN) Jakarta Barat Sumpeno SH beserta jajaranya yakni hakim dan panitera supaya lebih tegas memperingatkan serta menegur pengunjung sidang yang menganggu jalanya persidangan. cha

Leave a comment