Terbaru

Pengguna Ijazah Palsu Divonis Ringan, JPU Jakbar Langsung Banding

Kopionline Jakarta,- Pendaftaran untuk pencaloonan Ketua RW 04 Kelurahan Tanah Sereal Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, tercoreng setelah ditemukann penggunaan ijazah palsu oleh salah seorang perserta. Kasus inipun bergulir ke meja peradilan di PN Jakarta Barat, dan masih dalam pengajuan banding karena vonis ringan majelis hakim.

Seperti diketahui, putusan Ketua Majelis Hakim Bambang SH, terhadap terdakwa Rubianto yang terkait kasus tindak pidana pemalsuan ijazah di wilayah hukum Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat, dinilai terlalu ringan sehingga mengecewakan pencari keadilan dalam kasus tersebut. Karena putusan tersebut jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang sebelumnya menuntut terdakwa 1 tahun dan 6 bulan. Sedangkan hakim Bambang memvonis terdakwa dengan penjara 10 bulan dan masa percobaan 1 tahun.

Padahal perbuatan terdakwa sebagai mana diatur melanggar pasal 263 ayat (2) KUHP tentang pemalsuan dan pasal 266 ayat (2) KUHP tentang menggunakan surat palsu untuk digunakan pencalonan ketua RW 04 Kelurahan Tanah Sereal Kecamatan Tambora Jakarta Barat.

Selain pembuktian melanggar pasal dan KUHP, terdakwa Rubianto keteranganya dalam persidangan juga ngawur dan tidak sesuai dengan fakta hukum yang tertuang di dalam surat dakwaan dan tututan jaksa.

Oleh karena itu, pihak pelapor sangat kecewa terhadap vonis ringan hakim Bambang terhadap terdakwa Rubianto. Sebab, awalnya mereka sangat berharap kepada hakim Bambang terdakwa Rubianto divonis masuk penjara.

Atas putusan ringan tersebut jaksa penuntut umum (JPU) M. Kurniawan SH dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat melakukan upaya banding ke Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta . cha

Leave a comment