Terbaru

Pangdam VI/Mulawarman Ngaku Puas Progress Penyiapan Lahan di Jejangkit

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto saat meninjau penyiapan lahan di Jejangkit, Barito Kuala. (foto:ant)

KopiOnline Banjarmasin,- Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengaku puas melihat progress atau kemajuan penyiapan lahan pertanian di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel.

“Untuk lahan 750 hektar sudah mencapai 80 persen. Sisanya mungkin bisa selesai minggu ini juga. Saya cukup puas, karena pekerjaannya sesuai dengan laporan Danrem,” terang Subiyanto, Rabu (25/07/2018).

Jenderal bintang dua itupun meninjau langsung ke Jejangkit bersama Direktur Perlindungan dan Perluasan Lahan Kementerian Pertanian, Ir. Indah Megawati.

Menurut Pangdam, saat ini untuk mendukung sistem pengairan, anggotanya di lapangan masih menunggu mesin pompa yang didatangkan dari Palembang, Sumatera Selatan.

“Kami berharap segera datang. Jika semuanya lancar, pekerjaan ready untuk pindah ke lahan 3.250 hektar dari total 4.000 hektar seperti yang ditargetkan Menteri Pertanian,” jelasnya.

Sementara itu, Indah Megawati mengakui jika proses membuka lahan memang tidak mudah. Namun begitu, dia meyakinkan pekerja di lapangan untuk tetap semangat dan optimis target tercapai.

“Untuk membuka lahan yang 3.250 hektar, tim drone Balai Rawa Kementerian PUPR tengah melakukan Survei Investigasi dan Desain (SID). Yang pasti, kita semua optimis mengejar tanam pada pelaksanaan Hari Pangan Sedunia Oktober nanti,” tandasnya.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala, Supriyono mengungkapkan untuk jajarannya fokus membuat areal parkir bagi tamu undangan pada saat pelaksanaan HPS nanti.

“Kalau parkir selesai, berikutnya peningkatan kualitas jalan untuk akses menuju Jejangkit, termasuk perkampungan Desa Jejangkit Muara dari RT 1 sampai RT 6 kita benahi agar terlihat bersih, indah dan sehat,” paparnya.

Bahkan, Pemkab Barito Kuala juga tengah membangun 40 Water Closed (WC) Komunal, sehingga tidak ada lagi WC di tepi sungai sepanjang areal menuju lokasi pelaksanaan HPS.

“Untuk jangka panjang, Desa Jejangkit Muara bisa dijadikan daerah tujuan wisata dan jadi Kampung Hortikultura juga,” bebernya.

Pelaksanaan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVIII tingkat nasional tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Desa Jejangkit Muara tinggal tiga bulan lagi. Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari, Kolonel Inf Yudianto Putrajaya  bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor terus bersinergi bahu membahu memimpin pekerjaan penyiapan lahan bersama ratusan prajurit TNI dan masyarakat dan kelompok tani setempat. kop

Sumber : antaranewskalsel.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto saat meninjau penyiapan lahan di Jejangkit, Barito Kuala. (foto:ant)

Leave a comment