Terbaru

Jalur Mudik Mulai Jakarta ke Jateng & Jatim Masih Aman Serta Lancar

Foto : Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama rombongan menteri kabinet kerja meninjau jalur mudik (Foto: detikcom)

KopiOnline Tegal,- Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglina TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Menteri Kabinet Kerja, meninjau langsung arus mudik dari Jakarta ke arah Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Sejauh ini arus mudik lancar terekendali.

“Dari Jakarta sampai ujung Jawa Tengah – Jawa Timur sejauh ini masih aman,” kata Tito dalam konferensi pers di Gerbang Tol Kertasari di Km 294 Tol Pejagan – Pemalang, Tegal, Minggu (09/06/2018).

Meski lancar, Tito mengatakan tetap ada kepadatan, tetapi masih dapat diurai. Dari Jakarta umumnya semua berjalan lancar, karena ada infrastruktur ini (tol fungsional) cuma ada 6 titik sampai dengan Jawa Tengah, namun bisa dikelola.

Hadir pula dalam konferensi pers tersebut yaitu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek, serta Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

Berikut 6 titik kepadatan menurut Kapolri:

\1. Tol Cikampek

Tito mengatakan kepadatan terjadi di Tol Cikampek karena ada proyek elevated tol sehingga terjadi penyempitan badan jalan.

  1. Tol Cikopo

Tito mengatakan kepadatan di Cikopo berkaitan dengan kurangnya rest area. Tito menyarankan agar rest area ditambah.

“Perlu untuk ditambah mungkinya, tapi bisa dikelola juga,” kata Tito.

  1. Tol Kertasari

Kepadatan lainnya menurut Tito di Gerbang Tol Kertasari, tepatnya di pintu keluar. Kepadatan tol di Jateng itu terjadi sepanjang 3 km.

“Jika terjadi kepadatan sepanjang 3 km, harus langsung ada tindakan diskresi,” ucapnya.

4. Jembatan Kalikuto

Titik selanjutnya di Jembatan Kali Kuto di Batang, Jateng. Jembatan tersebut belum tersambung (direncanakan tersambung pada tanggal 13 Juni 2018) sehingga menurut Tito perlu adanya persiapan.

“Kali Kuto, harus ada posko bersama untuk mengatasi kemacetan yang panjang, tapi saat ini belum ada kepadatan yang fatal,” ujar Tito.

  1. Tol Krapyak

Pintu tol Krapyak yang berada di Semarang merupakan pecahan arus mudik ke arah Yogyakarta dan Jatim. Tito mengaku sudah menambah personel kepolisian di lokasi untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas.

  1. Jembatan Kali Kenteng

Jembatan Kali Kenteng yang berada di ruas tol Salatiga-Kertasura terdapat tanjakan curam. Tito pun mengantisipasi adanya kepadatan di lokasi itu.

“Tapi itu juga bisa dikendalikan,” ucap Tito.

Buka Semua Instansi Militer Jadi Rest Area

Sementara itu, Hadi meminta instansi militer di sepanjang jalur mudik di Jateng dan Jatim untuk dibuka sebagai rest area. Dia meminta agar rest area di instansi militer harus buka 24 jam.

“Untuk wilayah-wilayah jalur di tengah ini memang kita hanya menyerahkan kepada aparat terkait tentunya, kalau ruas tol sudah oke, saya minta dengan Pangdam Jawa Timur semua dibuka,” ujar Hadi. 

“Siapa tau memerlukan tempat untuk istirahat, seluruh instansi militer yang berdekatan dengan jalur mudik semua dibuka,” sambung Hadi. Kop

Leave a comment