Terbaru

Enam Siswa SD Tobasa Sumut Ikuti Seleksi OSN di Tingkat Provinsi

Siswa Sekolah Dasar ketika mengikuti seleksi OSN di tingkat Kabupaten Toba Samosir. (foto : Julius Parto Siahaan/Endang Situmeang

KopiOnline Balige – Plt Kepala Dinas Pendidikan Toba Samosir Drs. Parlinggoman Panjaitan MM, enam Siswa/I Sekolah Dasar (SD), pada Bulan Aprl 2018 ini telah mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) di  Sumatera Utara , hal seleksi untuk mengikuti ketingkat Nasional.

     Keenam Siswa Sekolah yang membidangi dua mata pelajaran matematika yakni Diego D Harianja SD Mutiara Balige kelas V, Joel V.D Marpaung SD SW Bona Pasogit Sejahtera kelas V dan Gerald B Sitorus SD Negeri No. 173632 kelas V. Sedangkan bidang mata pelajaran IPA yakni Juan Salomo Hutabarat SD. Sw. No 1 HKBP Balige kelas V. Patricia Putri A Tambunan SD. Sw. Katolik San Francesco kelas V dan Mutiara Zalukhu SD Negeri No. 175811 Pangombusan kelas V.

     Sebelumnya, disampaikan Parlinggoman Panjaitan bersama Dinas UPTD Pendidikan Kacamatan telah melakukan seleksi di tingkat kecamatan se-Kabupaten Toba Samosir (Tobasa-Sumut) Sumatera Utara, pada 2 Februari 2018, sesuai dengan Juknis Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah Dasar.      Menurut Panjaitan yang didampingi Kabid Pembinaan Pendidikan, Tumpal Panjaitan, sesuai peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 34 tahun 2006 dan No. 39 tahun 2008 tentang pembinaan prestasi yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakal istimewa di pembinaan kesiswaan. Sekaitan itu, Kadis Pendidikan Tobasa No. 420 tahun 2018, melaksanakan dan menetapkan panitia pelaksana, pengawas dan pemeriksa Lembaran Jawaban pada pelaksanaan OSN di tingkat sekolah dasar Toba Samosir.

     Sejalan itu, seleksi lomba OSN SD/MI tingkat kabupaten dari dua mata pelajaran yakni IPA dan Matematika terdiri dari 20 soal isian singkat dan 5 soal uraian. Komposisi soal IPA terdiri 40 soal plihan ganda dan 10 soal isian singkat dengan maple 90 menit. Ucap Kadis bersama kepala bidang pwmbinaan pendidikan Tumpal Panjaitan.

     Peserta seleksi OSN tingkat kabupaten adalah pemenang seleksi tingkat kecamatan, hal itu sesuai dengan keputusan kepala UPTD kecamatan berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan, Kabupaten Toba Samosir. (end/par).

Leave a comment