Terbaru

Sadar Wisata, LPM Sungai Jawi Gotong Royong Bersihkan Sampah di Sungai

KopiOnline Pontianak – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota bekerjasama dengan Lyn’s Foundation melaksanakan gotong royong membersihkan sampah dan rumput yang ada di Sungai Jawi, Minggu pekan lalu.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sungai Jawi Pontianak Kota, Ahmad Suwanto mengatakan gotong royong membersihkan sampah di Sepanjang Parit Sungai Jawi Pal tiga merupakan bagian dari Program Sadar Wisata yang digagas LPM Kelurahan Sungai Jawi dan Lyn’s Foundation.

Lyn’s Foundation dan LPM Sungai Jawi gotong royong bersihkan sungai

“Alhamdulillah hari ini ada sekitar 40 lebih dari berbagai pegiat lingkungan yang ada di Kota Pontianak berpartisipasi mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan Parit Sungai Jawi dari sampah-sampah dan tumbuh-tumbuhan seperti enceng gondok dan lainya,” ungkap Ahmad Suwanto.

Kegiatan gotong royong yang merupakan bagian dari Program Sadar Wisata yang diikuti kurang lebih 400 orang itu dimulai sekitar pukul 06.30 wib, yang mengambil lokasi di Parit Sungai Jawi Pal Tiga. Sejak pagi dari pelajar, remaja sampai orang tua yang tergabung dalam berbagai pegiat lingkungan bersemangat membersihkan rumput-rumput yang tumbuh liar di tepian Parit Sungai Jawi dan sebagian ada yang membersihkan enceng gondok menggunakan sampan atau perahu mini kemdian diangkut dengan truck.

Gotong royong membersihkan Parit Sungai Jawai itu mendapat respon baik sekali dari warga setempat, Kusnadi warga yang tinggal di Kelurahan Sungai Jawi Pontianak Kota cukup bersemangat mengikuti kegiatan cukup langka itu. Kusnadi melihat potensi wisata yang ada di Parit Sungai Jawi cukup besar sehingga upaya-upaya seperri yang dilakukan LPM Sungai Jawi dan Lyn’s Foundation patut dicontoh dan didukung masyarakat.

“Saya melihat ini kegiatan baik, karena kalau kita lihat di Parit Sungai Jawi di Pal Tiga ini masih banyak sampah dan tumbuhan enceng gondok yang selama ini mengurangi ke indahan Parit Sungai Jawi sehingga diperlukan kerjasama semua pihak,” ungkapnya.

Founder Lyn’s Foundation, Everlyn Yang mengatakan keikutsertaanya pada kegiatan Program Sadar Wisata yang mengangkat tema “Bersih Parit Wisata Sungai Jawi” karena ingin melihat Parit Sungai Jawi bisa menjadi objek wisata air suatu hari nanti dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pontianak.

“Apapun sebenarnya memiliki potensi termasuk Parit Sungai Jawi ini tinggal bagaimana kita bersama-sama bergerak mewujudkannya, sesuatu yang tidak bagus saja kalau dipermak bisa bagus apalagi Parit Sungai Jawi ini,” ungkapnya.

Hanya saja Everlyn Yang merasa khawatir dengan keberlangsungan kebersihan Parit Sungai Jawi jika nantinya sudah benar-benar bersih dari sampah dan enceng gondok, karena kebiasaan sebagian masyarakat masih belum terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya dan terbiasa membuang sampah di Parit.

“Saya mengajak seluruh masyarakat mari kita bersama-sama mulai hari ini untuk menjaga kebersiahan Parit Sungai Jawi dengan cara tidak membuang sampah di dalamnya dan jika menemukan sampah berkenan sekiranya mengambil dan membuangnya ke tempat sampah agar Parit Sungai Jawi yang indah ini benar-benar bebas dari sampah,” harapnya. lyn

Leave a comment