Terbaru

Bupati Merauke, Frederikus Gebze Bertekad Bangun Bumi Animha Lebih Baik

Foto: Bupati Merauke Frrederikus Gebze (tengah, betrkaca mata) dengan pakaian adat, saat digelar pawai budaya di Merauke, beberapa waktu lalu

KopiOnline Merauke – Sumber daya manusia yang berkualitas sangat menentukan terwujudnya pembangunan yang lebih baik di suatu daerah. Hal itu disadari betul oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze. Oleh karena itu, Bupati yang akrab dengan warganya itu,  mengajak masyarakat Merauke termasuk warga suku Marin agar mempersiapkan diri dan membenahi diri menyongsong Merauke yang lebih baik.

Bupati menyatakan akan membangun Merauke menjadi lebih baik dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara maksimal. “Saya bertekad akan membangun Bumi Animha ini menjadi lebih baik lagi,” ujar  Bupati Merauke Frederikus Gebze dalam wawancara khusus dengan otonominews.net, tadi padi, berkaitan dengan HUT ke-116 Merauke.

“Pada momentum hari jadi ke-116 Merauke ini saya mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri, membenahi diri dan ikut melaksanakan apa yang menjadi harapan kita bersama, membangun negeri ini,” tambahnya.

Ia melanjutkan, pembangunan Merauke telah melalui perjalanan yang panjang. Masyarakat yang tinggal di daerah berpasir, di rawa-rawa dan di dataran tanah tinggi yang berlumpur dan berdebu bersama-sama pemerintah, organisai masyarakat, para pejabat dan pemimpin sebelumnya saling memberikan pemikiran dan ide untuk memajukan bumi Animha tersebut.

Foto: Bupati Freddy setiap hari meluangkan waktu mengunjungi warga dan mengawasi pelaksanaan pembangunan di Merauke

“Kepada seluruh masyarakat dari Kondo sampai Boven Digoel dan seluruh marga dan sub marga yang ada yang menghiasi dan konfigurasi bumi Animha ini, saya juga menyampaikan dan mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tinginya karena telah bersama-sama berkarya dan mebangun bumi Animha ini,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Freddy ini mengemukakan, sumber daya manusia khususnya Marin saat ini sudah mengalami kemajuan, terbukti dalam dua dekade ini, estafet kepimpinanan untuk jabatan Bupati di Merauke dipegang oleh putra-putra terbaik Marin.

Dia berharap agar profesi-profesi lain menempatkan masyarakat Marin, yang merupakan suku asli di Merauke menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

“Saya mengindikasikan bahwa sumber daya manusia Marin terus mengalami kemajuan sehingga berhasil mengisi ruang jabatan politis.Demikian juga harapan saya, profesi-profesi lain bisa diisi juga oleh warga Marin yang terbaik. Untuk itu pada momentum  peringatan hari jadi ke-116 ini, saya mengajak kepada seluruh warga Merauke untuk mempersiapkan diri, membenahi diri, ikut membangun negeri ini,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, dengan momentum di HUT ke-116 Merauke tahun 2018 ini, juga merupakan ajang untuk membangkitkan kembali nilai-nilai budaya lokal sebagai pemilik hak ulayat sekaligus sebagai pengejawantahan jatidiri masyarakat Marin. Hal ini menjadi langkah awal untuk mempromosikan budaya lokal di Merauke sehingga memiliki nilai wisata secara regional, nasional bahkan internasional.

Terkait program menuju Merauke yang lebih baik melalui pengembangan pariwisata, Frederikus menyadari akan keterbatasan pemerintah daerah Kabupaten Merauke dalam proses percepatan pembangungunan di segala bidang. Oleh karena itu ia berharap adanya dukungan dan perhatian dari pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah pusat melalaui kebijakan anggaran.

“Saya selaku bupati bersama masyarakat Merauke, mengharapkan dukungan dari pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah pusat  melalaui kebijakan anggaran,”ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan melakukan pengembangan destinasi wisata yang yang intensif di Merauke. Hal ini, diyakininya akan berimplikasi positif terhadap peningkatan harkat dan martabat masyarakat. “Sehingga bisa menata pondasi untuk pengembangan masyarakat lokal,” paparnya.

Selain itu, Bupati yang pernah menjadi tukang parkir di Jakarta ini juga tidak luput menyampaikan kepada selurah masyarakat yang tinggal di Merauke agar saling menghargai, saling mencintai, dan menjunjung tinggi nilai kebersamaman serta memperkuat tali silaturahim, di tengah kebinekaan dan keberagaman. maste

Leave a comment