Terbaru

Kajati Kaltim Resmi Copot Kajari Bontang, Muhammad Budi Setyadi

?Ket Foto : Kajati Kaltim, Fadil Zumhana, ketika di konfirmasi Senin (04/12/2017). Foto: agajali

KopiOnline Samarinda – Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Fadil Zumhana resmi mencopot Muhammad Budi Setyadi dari jabatannya sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Bontang. Pencopotan ini juga sebelumnya dilakukan terhadap Kepala Seksi Intelijen Kejari Samarinda, Bramantyo.

Budi Setyadi diduga telah menerima imbalan berupa uang sebesar Rp 250 juta dari terpidana Udin Mulyono, dalam perkara kasus korupsi dana hibah KONI Bontang Tahun Anggaran 2013 sebesar Rp 5,6 miliar yang saat ini telah divonis penjara.

Kajati Kaltim, Fadil Zumhana mengatakan bahwa dicopotnya Budi Setyadi dari jabatan Kajari Bontang setelah terbitnya Surat Keputusan dari Pimpinan Kejaksaan Agung.

“Sudah saya laksanakan perintah pimpinan saya, langsung dari Jaksa Agung, tadi siang sudah kita laksanakan di dalam sesuai keputusan pimpinan saya,” tegas Fadil ketika dikonfirmasi KopiOnline.com di Kantor Kajati Kaltim Senin (04/12/2017).

Ketika ditanya apakah Budi Setyadi keberatan atas keputusan dari pimpinan Kejagung RI, Kajati Fadil mengatakan kalau dia keberatan, nggak ditandatangani surat keputusan pencopotan jabatan Kajari Bontang, “Dia sudah tanda tangani tadi,” ujar Fadil.

Terungkapnya dugaan menerima imbalan, sejak LSM Pusat Hubungan Masyarakat (PHM) Kalimantan Timur melaporkan secara resmi melalui surat No 133/DPD-PHM/VII/2007 tertanggal 15 Juli 2017 yang ditujukan kepada Jaksa Agung M Prasetyo.

Dalam laporan disebutkan Kajari Bontang Budi Setyadi diduga menawarkan bantuan penyelesaian perkara KONI Bontang yang disangkakan kepada Udin Mulyono
dengan dalil menerapkan Subsider pasal 3 Undang-undang tentang korupsi dengan imbalan uang sebesar Rp 250 juta. (ahmad gajali).

Leave a comment