Terbaru

Pabrik Kosmetik PT Jenny di Pekojan Ludes Dilalap Si Jago Merah

Pabrik Kosmetik PT Jenny yang terbakar

KopiOnline Jakarta – Sebuah pabrik Kosmetik milik PT Jenny Kosmetic di RT04/12 Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat dilalap si Jago Merah, Senin (04/12/2017). Kobaran api diketahui warga sekitar Pukul 10.51 WIB. Diduga, api berasal dari gudang kimia yang terletak di belakang pabrik.

Sejumlah karyawan pabrik yang selamat hanya dapat tersungkur dan terkulai lemas di pelataran mini market, tak jauh dari pabrik. Mereka baru saja berjibaku menyelamatkan diri dari kobaran api, dari pintu gerbang yang terletak di depan pabrik.

Seorang karyawan pabrik, Indah (34) mengatakan pintu gerbang yang hanya berukuran kurang dari tiga meter itu membuat kepanikan karyawan. Saling dorong pun terjadi sesaat api berkobar. “Saya mah ngga mikirin teman lagi. Yang penting diri sendiri aja dulu selamet,” terangnya.

Si Jago Merah yang mengurung pabrik kosmetik PT Jenny di Pekojan

Dijelaskannya, pintu gerbang itu merupakan pintu karyawan dan kendaraan operasional. Tak ada pintu darurat yang dimiliki pabrik tersebut. “Cuma ada dua pintu itu. Kita juga keluar melewati kobaran api,” jelasnya.

Parahnya lagi, lanjutnya tak terdengar alarm kebakaran dari dalam pabrik milik PT Jenny Cosmetic itu. Peristiwa kebakaran diketahui karyawan melalui teriakan karyawan lain. “Kaget pada teriak-teriak kebakaran. Semua karyawan langsung berhamburan keluar,” tutupnya.

Keterangan yang dikumpulkan Koran Pagi, selain pabrik yang terbakar juga menghanguskan 5 rumah lainnya berukuran kecil yang berada di sekitar pabrik. Sedang ada dan tidaknya surat izin pabrik yang berada di tengah permukiman padat penduduk masih dalam penyelidikan aparat yang terkait.

Sementara itu, Lurah Pekojan Tri Prasetyo memastikan api hanya berada di lingkungan pabrik kosmetik tersebut. Tak merambat ke gudang kardus, yang terletak di sisi kanan pabrik. “Sudah dicek, hanya pabrik kosmetik saja yang terbakar,” tegasnya.

Saat ini, lanjut Tri,  api sudah dapat dijinakkan, terutama titik awal kobaran api yakni pada gudang kimia. Dia belum dapat memastikan adanya korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

“Saat kejadian, pabrik dalam kondisi beroperasional. Kami belum mengetahui ada korban jiwa atau tidak. Mudah-mudahan tak ada korban,” ujar Tri.

Lurah Pekojan Tri Prasetyo memastikan api hanya berada di lingkungan pabrik kosmetik dan tidak merambat ke gudang kardus, yang terletak di sisi kanan pabrik. “Sudah dicek, hanya pabrik kosmetik saja yang terbakar, tutupnya. mastete

Leave a comment