Terbaru

Wow!!!…Keren, Ternyata FKDM itu Intelijen Pemda DKI Jakarta

Foto Ilustrasi

KopiOnline Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki intelijen yang berada di tengah masyarakat. Mereka tergabung dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang tersebar di lima kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Wakil Ketua FKDM Budi Siswanto mengatakan, tingginya resistensi kerawanan sosial di Ibu Kota seperti tawuran menjadi perhatian khusus Pemprov DKI. Dibutuhkan keterlibatan masyarakat yang terlatih untuk mengantisipasi hal tersebut.

Budi menjelaskan, FKDM merupakan lembaga plat merah yang keberadaannya diatur Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.12 Tahun 2016 tentang kewaspadaan dini masyarakat di daerah.

Regulasi tersebut dikuatkan dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI No.2.771 Tahun 2014 tentang Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat tingkat provinsi, kota dan kabupaten di DKI Jakarta.

Budi mengatakan, seluruh anggota FKDM memiliki tugas intelijen yang memberikan informasi ke Pemprov DKI dan gubernur DKI. Sehingga tidak heran bila pergerakan dan kinerja seluruh personel FKDM seperti tidak terlihat.

“Kita kerja intelijen. Menjaring, menampung, melakukan koordinasi dan mengomunikasikan data serta informasi dari masyarakat. Sehingga potensi ancaman keamanan, gejala, peristiwa dapat dicegah,” kata Budi,  Jumat, (17/11/2017).

Terkait adanya desakan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengevaluasi anggaran FKDM, Budi menjelaskan, semua merupakan kewenangan Badan Kesbangpol DKI melalui bidang kewaspadaan. Pihaknya tidak pernah mengusulkan.

Budi mengungkapkan FKDM DKI memiliki 3.870 personel yang disebar ke penjuru Ibu Kota. Mulai dari tingkat provinsi hingga kelurahan. Mereka digaji Pemerintah DKI. Dana yang dianggarkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2018 sebesar Rp2,2 miliar.

“Soal anggaran kami tidak pernah mengusulkan. Itu sepenuhnya kewenangan Badan Kesbangpol DKI melalui bidang kewaspadaan. Kami hanya menjalankan tugas di lapangan,” kata Budi. Kop

Leave a comment