Terbaru

Ketua Komisi D – DPRD Karawang, Pendi Anwar, Perusahaan Wajib Terapkan K3

KopiOnline Karawang – Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan BPJS Ketenagakerjaan sangatlah diperlukan bagi pekerja. Pekerjapun akan merasa aman dan terlindungi saat bekerja baik itu di bangunan pemerintah maupun Swasta.

Mega proyek yang sedang dilaksanakan di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Karawang, di tengarai tampak kurang memperhatikan K3 dalam melakukan kegiatan pekerjanya. Hal ini mengusik Pendi Anwar Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Karawang di tempat DPC Partai Demokrat untuk angkat bicara.

Menurut Pendi, bahwa penerapan K3 dan BPJS harus dilaksanakan bagi perusahaan yang mempekerjakan pekerjanya baik itu pekerjaan di bangunan pemerintah maupun swasta, karena sudah diatur dalam aturan yang berlaku. Jadi, perusahaan wajib memberikan K3 dan BPJS ketenagakerjaan bagi pekerjanya dan pekerjanya wajib untuk memakai K3 yang sudah diberikan oleh perusahaan untuk keselamatan, kesehatan, kenyamanan dalam melakukan kegiatan pekerjaannya.

Perundang-undangan K3  salah satu alat kerja yang sangat penting bagi para ahli K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) guna menerapkan K3 di tempat kerja. Undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Undang-Undang ini mengatur dengan jelas tentang kewajiban pimpinan tempat kerja dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja. Undang-undang nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan. Undang- Undang ini menyatakan bahwa secara khusus perusahaan berkewajiban memeriksakan kesehatan badan, kondisi mental dan kemampuan fisik pekerja yang baru maupun yang akan dipindahkan ke tempat kerja baru, sesuai dengan sifat-sifat pekerjaan yang diberikan kepada pekerja, serta pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Sebaliknya para pekerja juga berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan tepat dan benar serta mematuhi semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan.  Undang-undang nomor 23 tahun 1992, pasal 23 Tentang Kesehatan Kerja juga menekankan pentingnya kesehatan kerja agar setiap pekerja dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya hingga diperoleh produktifitas kerja yang optimal. erwin

Leave a comment