Terbaru

Jenderal (Pol) M. Tito Karnavian Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

KopiOnlune Jakarta – Tito Karnavian merupakan satu dari sedikit Polisi Indonesia yang bergelar profesor, yaitu Awaloedin Djamin, Farouk Muhammad, dan Iza Fadri. Kapolri Jenderal Polisi  M Tito Karnavian (54) , Kamis (26/10/2017) dikukuhkan sebagai Guru Besar di Auditorium  Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK PTIK) , Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pria kelahiran Palembang 26 Oktober 1964 ini  akan membawakan orasi ilmiah berjudul “Peran Polri Dalam Penanganan Terorisme di Indonesia”.

“Ya, benar. PTIK memang akan menggelar pengukuhan untuk Pak Tito sebagai Guru Besar di bidang penanggulangan terorisme,” kata Gubernur STIK PTIK Irjen Sigit Sudarmanto di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Sebelumnya, Tito Karnavian dalam suatu kesempatan pernah  mengatakan bahwa dirinya telah mengajukan persyaratan untuk penganugerahan gelar Profesor di PTIK.  Tito  yang bergelar MA, PhD, mempunyai Kum yang sudah mencukupi. Selama ini, mantan Kepala Densus 88 Antiteror dan Kepala BNPT ini aktif menulis di jurnal ilmiah dan pemaparan  di berbagai forum internasional. Ia juga  menulis buku diterbitkan ICS Singapura tentang terorisme di Asia Tenggara.

Terkait dengan  orasi ilmiah berjudul “Peran Polri Dalam Penanganan Terorisme di Indonesia”, mantan Kapolda  Papua dan Kapolda Metro Jaya ini   juga akan memaparkan  kesimpulan dan memberikan rekomendasi di bidang penanggulangan terorisme.

Dengan gelar profesor yang diterima Tito maka saat ini ada empat polisi pemikir yang bergelar profesor. Mereka adalah Profesor Jenderal (pur) Awalaoeddin Djamin, Profesor Irjen (pur) Farouk Muhammad, dan Profesor Irjen Iza Fadri.

Gelar MA Tito sebelumnya diperoleh dari University of Exeter, UK (1993) dan PhD dari S. Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapore (magna cum laude) (2013). kop

 

Leave a comment