Terbaru

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Gagal Total Tolak ke AS

KopiOnline Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak otoritas Amerika Serikat (AS) untuk masuk ke Negeri Paman Sam itu. Gatot kecewa dengan sikap AS terhadap dirinya. Pelarangan Gatot dilakukan mendadak melalui Maskapai Emirates yang akan ditumpangi Panglima TNI terbang ke Negeri Paman Sam, Sabtu, (21/10/2017).

Sedianya Gatot akan terbang hari itu pukul 17.50 WIB melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Rencananya, dia hendak menghadiri acara Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization (VEOs) yang akan dilaksanakan pada 23 dan 24 Oktober besok di Washington DC. Undangan itu dikirim oleh Jenderal Joseph F Duford dari AS.

“Kecewa,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Wuryanto di Kantor Panglima TNI, Jl Medan Merdeka Barat, Minggu (22/10/2017).

“Beberapa saat sebelum keberangkatan ada pemberitahun bahwa Panglima TNI beserta istri tidak bisa memasuki wilayah Amerika Serikat oleh Custom and Border Protection,” ujar Kapuspen TNI Mayjen Wuriyanto, Minggu, 22 Oktober 2017.

Wuryanto menyatakan, Gatot terbang ke AS atas undangan langsung Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Joseph F Durford, Jr. Acara digelar di Washington DC.

“Undangan itu dikirim oleh Jenderal Amerika Serikat Joseph F Duford yang merupakan sahabat dan senior. Maka Panglima memutuskan untuk memenuhi undangan tersebut. Bersama istri, dia berangkat mewakili negara atas nama TNI,” kata Wuryanto.

“Jadi harus ada penjelasan lebih dulu kenapa ada larangan. Tiba-tiba nggak boleh ke sana, gimana?” kata Wuryanto.

Atas penolakan tersebut, pihaknya telah melaporkan ke Presiden Jokowi melalui ajudan, untuk tindak lanjut. Panglima juga melaporkan hal ini ke Menlu dan Menko Polhukam.

Wuryanto menyatakan, dari awal tidak ada masalah dengan rencana keberangkatan Gatot ke AS. Visa dan administrasi lainnya semua diselesaikan dengan baik.

“Sampai akhirnya tiba-tiba ada larangan yang disampaikan pihak Emirates bahwa Costums and Border Protection melarang Panglima masuk AS,” kata dia.

Panglima TNI memutuskan tidak akan memenuhi undangan ini sampai ada penjelasan resmi dari pihak AS. Hingga saat ini Panglima belum mengetahui alasan jelas dari Amerika Serikat terkait pelarangan tersebut. TNI masih menunggu jawaban Amerika terkait insiden penolakan Panglima TNI ke Amerika Serikat ini. lip/dtk/kop

Leave a comment