Terbaru

Hore..Tahun ini Mudik Lewat Tol Jakarta-Semarang

KopiOnline Jakarta,– Masyarakat asal Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur, tahun ini (2017) pada musim mudik Idul Fitri boleh bergembira. Pasalnya, jalan Tol Jakarta – Semarang sudah terhubung.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tiga ruas jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang bisa beroperasi tahun ini. Diharapkan, jalur ini dapat dilalui pemudik pada musim mudik Lebaran 2017 yang jatuh pada bulan Juni.

Ketiga ruas jalan tol tersebut, yakni tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol PT Jasa Marga, PT Waskita dan PT Sumber Mitra Jaya sepakat untuk menjaga ritme pekerjaan dan bisa selesai tepat waktu. Sehingga, beroperasinya jalan tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus mudik Lebaran tahun ini.

“Kunjungan kali ini ada dua tujuannya, yaitu memastikan jalan tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya sepanjang 650 km ditargetkan selesai 2018. Kedua adalah untuk meyakinkan mudik 2017 akan bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi akan bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang. Walaupun fungsional namun sudah dilapisi beton,” ujar Basuki melalui siaran pers, Ahad (8/1).

Dengan fungsionalnya jalan tol trans Jawa sampai Semarang, alternatif untuk rekayasa lalu lintas semakin banyak, karena arus lalu lintas terpecah tidak lagi hanya terfokus di Brebes Timur seperti tahun lalu.

“Kalau nanti di Ngaliyan itu berfungsi arus dapat terpecah di Brebes, untuk langsung menuju Purwokerto jadi sudah banyak alternatif untuk rekayasa lalu lintas,” ujar Basuki.

Saat ini, konstruksi pembangunan ruas jalan tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah mencapai 57,25 persen dan pembebasan lahannya mencapai 98 persen. Meski ditargetkan rampung keseluruhan pada Desember 2017, diharapkan secara fungsional dapat dilalui pada arus mudik tahun ini.

Jalan tol Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,5 km dan terdiri dari 4 seksi. Untuk seksi 1 dan 2 hingga keluar Brebes Timur telah dioperasikan pada Juni 2016 lalu. Sedangkan, ruas tol Pemalang-Batang memiliki panjang 39 km.

Sementara, ruas tol Batang-Semarang sudah dapat dilalui di beberapa lokasi. Ruas yang memiliki panjang 75 km tersebut terdiri dari 5 seksi. Konstruksinya telah mencapai 10,95 persen dan pembebasan lahan mencapai 65,15 persen Tampak sejumlah truk melintas di lokasi proyek pembangunan ruas Tol Bawen-Salatiga di Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ruas Tol Semarang – Solo

Sementara itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan jalur tol Semarang-Solo dan Solo-Kertosono rampung di tahun 2017. Sehingga kedua jalur tersebut akan bisa terhubung.

“Kami optimis 2017 Semarang-Solo dan Solo-Kertosono akan selesai. Presiden sudah memerintahkan agar kedua jalur tol bisa diselesaikan dalam waktu 2,5 tahun. Sehingga 2017 Semarang-Solo dan Solo-Kertosono bisa terhubung,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di sela kunjungannya ke Solo, beberapa waktu lalu.

Basuki mengaku, ia diperintah langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat acara groundbreaking proyek tol di Ngawi, Jawa Timur.

Proyek jalan tol ruas Solo-Ngawi-Kertosono, lanjut Basuki, merupakan bagian dari megaproyek Jalan Tol Trans-Jawa yang sempat mangkrak selama 3 tahun parapharmacie pour viagra.

“Proyek ini memang sempat mangkrak selama tiga tahun karena kontraktornya kehabisan modal. Pemerintah sudah mengambil alih dan mempercayakan proyek itu kepada PT Jasa Marga dan Waskita Karya,” ucapnya.

Basuki menambahkan, proses pembebasan lahan untuk proyek tol Solo-Kertosono sudah mencapai 93 persen. Sedangkan untuk tol Semarang-Solo nyaris tak ada hambatan berarti.

Ia pun yakin dua kontraktor tersebut mampu menyelesaikan pekerjaannya sesuai tenggat waktu yang telah ditetapkan.

“Tol Semarang-Solo saat ini masih terus dikerjakan, seksi III Bawen-Salatiga juga telah dimulai. Saya yakin tol Semarang-Solo juga bisa selesai di 2017,” tandasnya. rpc/mer/kop

Leave a comment