Terbaru

HIMKI Hadirkan Program dan Fasilitas Bernilai Lebih pada IFEX 2017

Kopi Jakarta, – Mendekati pelaksanaan Indonesia International Furniture Expo (IFEX), yang akan digelar pada 11 – 14 Maret 2017, pihak panitia terus mematangkan berbagai persiapan untuk memastikan kesuksesan pameran mebel dan kerajinan terbesar di Indonesia ini. Sebagai pameran business-to-business (B2B) berkelas internasional, IFEX berusaha memastikan seluruh fasilitas dan program pendukung juga memiliki nilai lebih bagi para peserta dan pengunjung IFEX yang berasal dari berbagai negara di dunia.

“IFEX merupakan pameran yang cukup dinantikan oleh para stakeholder industri mebel dan kerajinan seperti peserta, pengunjung, pengamat, dan lain-lain. Mereka tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga dari berbagai negara lain di Indonesia. Berkaca dari penyelenggaraan tahun lalu, kami ingin agar penyelenggaraan tahun ini juga berjalan sukses dan lebih baik dari tahun lalu. Untuk itu, kami berusaha terus meningkatkan pelayanan kami dari berbagai sisi,” terang Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Soenoto.

Pelayanan yang baik, menurut Soenoto, menjadi salah satu kunci sukses, selain dari pameran itu sendiri. IFEX berusaha memberikan kenyamanan mulai dari pengunjung atau peserta luar negeri mendarat, berkunjung ke pameran, hingga kembali ke negara masing-masing. “Apabila mereka merasa nyaman dengan IFEX, kami yakin mereka akan terus kembali bahkan mungkin mengajak rekan atau kenalan mereka untuk juga menghadiri IFEX. Ini tentu salah satu hasil positif yang  ingin kita dapatkan dari penyelenggaraan IFEX.”

Berbagai fasilitas yang ditawarkan IFEX kepada para peserta dan pengunjung antara lain layanan Travel Agent, Online Booking Hotel, Uber Lounge, Food Truck Area, Freight Forwarder, Free Shuttle Bus, Taxi Counter, Free Interpreter Service untuk 10 bahasa asing, Invitation Letter for Visa Application Service, Business Center, ATM Center, Money Changer, Luggage Deposit, Cafetaria & Lounge, Free Internet Kiosk, Medical Service, Prayer Room, Kids Corner, Pre-Registration Online, dan lain-lain. Para peserta dan pengunjung bisa mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan terkait pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) serta berbagai fasilitas di atas melalui website www.ifexindonesia.com.

Selain pameran, IFEX juga menghadirkan program lain seperti seminar, program penghargaan, Buyer’s Night, dan lain-lain. Seluruh rangkaian kegiatan ini diharapkan menjadi magnet yang bisa menarik lebih banyak peserta dan pengunjung untuk meramaikan IFEX 2017.  Pada tahun ini, IFEX kembali akan menghadirkan seminar dan program kelas dunia salah satunya adalah pelaksanaan EU Business Matching dan EU Business Seminar dengan mengikutsertakan sebanyak 47 perusahaan berbeda dari benua Eropa. Untuk bergabung pada seminar tersebut di IFEX 2017, informasi dapat diperoleh melalui website: https://www.eubusinessavenues. com/business-missions/ contemporary-european-design .

Selain itu, pada tahun ini IFEX menjalin kerjasama dengan Fairventures Germany yang juga akan ikut meramaikan kegiatan seminar dengan topik, ‘Indonesia Lightwood Cooperation Forum 2017’, dan akan menghadirkan pembicara-pembicara internasional. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini bisa dilihat melalui webiste: www.ilcf.info.

Menjawab Kebutuhan Pasar

Seperti diketahui, pameran Indonesia International Furniture Expo yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran Jakarta, menghadirkan berbagai produk mebel dan kerajinan terbaik dari Indonesia dan berbagai negara peserta lainnya. Pameran ini menjadi salah satu medium untuk memperkenalkan produk terbaik Indonesia ke pasar internasional sekaligus meningkatkan penetrasi produk-produk Indonesia ke pasar ekspor dunia.

Setiap tahunnya, pameran ini menarik ribuan buyers potensial yang mencari produk-produk unik, inovatif, dan bernilai tinggi untuk konsumen mereka. Tingginya minat buyers harus diimbangi dengan kemampuan pemain industri di Indonesia untuk menghasilkan produk-produk yang sesuai dengan selera pasar. Ini menjadi salah satu tantangan yang terus dihadapi oleh para pemain industri mebel dan kerajinan Indonesia di bawah HIMKI.

Demi meningkatkan mutu produk mebel dan kerajinan Indonesia, HIMKI juga melakukan kerjasama dengan beberapa pemain dari luar negeri. Melalui kerjasama dengan pemain dari luar negeri, HIMKI berharap terjadi knowledge transfer yang bisa memperkaya produk-produk mebel dan kerajinan Indonesia, baik dari sisi desain, manajemen, pengepakan, pemasaran, dan lain-lain. “Di era digital seperti sekarang, kita harus bersikap terbuka dan lebih fleksibel dalam menjalin kerjasama dengan pemain dari luar negeri. Kita bisa saling belajar dari para pemain industri dunia dan kami berharap kerjasama ini akan ikut meningkatkan daya saing kita di pasar internasional,” ujar Soenoto.

Tentang HIMKI

HIMKI merupakan hasil peleburan dari dua organisasi industri mebel dan kerajinan, AMKRI dan Asmindo. Peleburan dilakukan untuk mendorong daya saing produk mebel dan kerajinan di pasar dalam negeri dan luar negeri, serta menjadi wadah tunggal yang kuat, besar dan dapat menjadi partner pemerintah yang kritis. Pembentukan HIMKI dideklarasikan pada 31 Mei 2016 di Jakarta. HIMKI didirikan atas dasar kesamaan visi, misi dan tujuan di antara para anggotanya untuk bersama-sama memajukan industri mebel dan kerajinan nasional. Organisasi ini diharapkan menjadi institusi yang aspiratif dan akomodatif dengan semangat kesetaraan di antara sesama anggotanya. rel

 

Leave a comment